Merubah Mindset (sesi 1)

91ikan loncatUntuk mrubah perilaku harus diawali dengan perubahan mindset. Perilaku atau sikap kadang menjadi ha yang akan menentukan kesuksesan hidup kita. Mindet akan mendasari seluruh aktifitas kita tanpa kita sadari. Oleh karena itu harus sangat berhati hati dengan mindset kita.

Bagaimana Mindset Terbentuk?

Dalam artikel yang berjudul Rahasia Kekuatan Pikiran Sadar Manusia,  dijelaskan bahwa mindset (sistem kepercayaan) merupakan hasil analisis pikiran sadar manusia yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar.

Apa yang kita lihat, dengar, cium, kecap, dan rasakan merupakan sumber informasi yang dapat diolah oleh pikiran sadar. Nah, mengenai pembentukan hasil analisis tersebut menjadi mindset, tidak terjadi secara serta merta. Terkadang hasil analisis itu tidak menjadi sistem kepercayaan (mindset). Hal ini karena, hasil analisis tersebut tidak masuk akal.

Sebelum memasuki pikiran bawah sadar, hasil analisis pikiran sadar senantiasa melewati critical area. Nah, critical area adalah bagian otak yang menyaring informasi (hasil analisis) yang hendak masuk ke dalam pikiran bawah sadar.

Jika informasi tidak masuk akal, maka critical area menolaknya. Akan tetapi, sekalipun ditolak, ia tetap masuk ke dalam pikiran bawah sadar dan menetap di sana. Di dalam pikiran bawah sadar, ia tidak menjadi sistem kepercayaan (mindset), melainkan menjadi memori bawah sadar.

Lalu, bagaimana jika informasi itu lolos dari sensor critical area? Ia akan menetap di dalam pikiran bawah sadar dan menjadi mindset.

Meskipun pembentukan mindset senantiasa melalui filter critical area, ada kalanya informasi yang tidak masuk akal tetap lolos filter itu. Dengan beberapa tindakan tertentu, informasi yang tidak masuk akal dapat dipaksa menembus critical area, masuk ke dalam pikiran bawah sadar, dan menjadi midset di dalamnya.

sumber : www.aquariuslearning.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *