Visit Banjarnegara, The Nature Of Java

1

 

 

 

 

 

 

Filosofi Logo Branding “Banjarnegara The Nature Of Java”

Warna
1.Orange kemerahan dari matahari yang cerah melambangkan melimpahnya sinar matahari dan sumber energy terbarukan lainnya sebagai sumber energy kehidupan
2.Biru melambangkan kekayaan alam dan air yang melimpah di Banjarnegara
3.Hijau kekuningan melambangkan suburnya alam dan tanaman sebagai sumber pangan
Gambar
1.Matahari bahwasannya Banjarnegara yang selalu bersinar dan Banjarnegara yang sepanjang tahun mendapatkan sinar matahari untuk kehidupan dan keindahan alam saat matahari terbit dan terbenam
2.Gunung melambangkan keadaan alam dan kekayaan sumber daya alam, mineral serta kekayaan hayati Banjarnegara
3.Hamparan dan daun melambangkan lembah yang hijau penuh dengan tanaman yang subur dan banyak lekuk sungai dimana petani dapat menanam sepanjang tahun sebagai sumber pangan
4.Tulisan merupakan penegasan bahwasannya Banjarnegara adalah cerminan kondisi alam di jawa

Tujuan city branding adalah agar kota tersebut dikenal luas (high awareness) dan mendapat persepsi yang baik; sehingga menjadi tempat bagi investasi, tujuan wisata, tujuan tempat tinggal, dan penyelenggaraan kegiatan/events.

Dengan adanya identitas itu, diharapkan akan terbangun image sebuah kota sesuai jati dirinya, dan juga sebagai langkah untuk menarik wisatawan dan investor baik dari dalam maupun luar negeri demi tercapainya perkembangan daerah.

Saxone Woon dalam Harahap (2010) menyatakan bahwa brand tidak sekedar nama, logo atau citra grafis. Brand mengkomunikasikan secara jelas tentang suatu produk, jasa, atau sesuatu hal yang lain.

Kebijakan pemerintah daerah dalam pembuatan brand adalah salah satu usaha untuk mengomunikasikan potensi wilayah. Hal ini bisa menarik bagi calon investor, sekaligus mudah diingat.

Suatu brand ini diharapkan akan memacu perkembangan perekonomian di suatu wilayah. Adanya suatu identitas yang unik akan memberikan peluang bagi terwujudnya pengembangan wilayah, baik dari segi perekonomian maupun pariwisata.

Identitas wilayah ini ditujukan sebagai alat pemasaran (marketing tools) yang akan dipakai dalam segala upaya pemasaran wilayah ke masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *